Cara Membedakan Batu Akik Asli dan Palsu

Takkalasi.com - Cara Membedakan Batu Akik Asli dan Palsu, seiring maraknya peminat ataupun pecinta batu akik membuat seorang atau sekelompok orang memiliki kesempatan untuk memasarkan atau menjual Batu Akiknya dengan harga yang murah namun itu merupakan imitasi atau Batu Akik yang Palsu. Maka dari itu agan-agan para pembeli Batu Akik hendaknya was-was dan teliti sebelum membeli Batu Akik yang harganya miring apalagi agan seorang pemula di dunia perbatuan ini, lol. Bisa jadi agan salah satu korban penipuan Batu Akik Palsu tersebut.

Awal mula Batu Akik di Indonesia booming sejak tahun 2015 membuat para penjual mendapat keuntungan yang besar. Bagi agan-agan yang masih pemula mungkin akan merasa bingung membedakan mana Batu Akik yang asli dan mana yang imitasi. Namun dengan sedikit pengetahuan dan kesabaran agan pasti bisa membedakannya loh.
 
Bagi sebagian besar pecinta Batu Akik, tentunya tidak mau rugi jika membeli beberapa Batu Akik apalagi sekarang banyak bertebaran  penjual batu akik palsu yang tidak bertanggung jawab. Mereka menggunakan metode pemolesan batu imitasi dengan bahan-bahan kimia sehingga kita sulit membedakan mana batu akik yang asli buatan alam dan mana yang terbuat dari kaca. Berikut ini beberapa tips Cara Membedakan Batu Akik Asli dan Palsu :
  • Kalau Batu ditempelkan di pipi kita, batu akik terasa dingin insyaallah batu tersebut asli. Setiap benda yang kita pegang pasti akan berubah menjadi hangat sebab hantaran suhu badan kita. 
  • Jika disulut dengan puntung rokok atau dibakar dengan korek api, maka tidak ada perubahan warna gosong ataupun titik meleleh pada batu. Sesudah lama dibakar ataupun disulut dengan api pasti menghasilkan cairan minyak berwarna cokelat, jika Batu Akik Asli ketika di usap cairan tersebut akan hilang dan tidak berbekas, jika itu palsu atau kaca meskipun di olesi air ataupun minyak untuk menghilangkan bekasnya tidak akan hilang 
  • Jika Batu akik dibakar bakar batu akan panas dan cepat menjadi dingin, berbeda dengan batu imitasi atau kaca buatan yang lumayan lama menyimpan panas ataupun hangat
  • Perhatikan serat didalamnya dengan cara menerawang dengan menggunakan senter, jika asli maka akan nampak serat seperti retak - retakan yang unik dan juga motif alami. 
  • Cobalah tanyakan kepada ahlinya atau bawa Batu Akik agan ke laboratorium untuk mengecek dan menguji kandungan Batu tersebut.
  • Agan juga bisa meneteskan air ke atas batu, bila tetesan air tersebut menetap insyaallah Batu Akik tersebut asli.
  • Hal berikutnya yang bisa membedakan Batu Akik Asli dengan Palsu yaitu beratnya. Batu Akik yang asli dan kaca bisa terasa berbeda beratnya. Akan tetapi jika agan adalah pemula dibidang perbatuan ini maka akan sulit untuk membedakan berat batu dengan kaca tersebut. Berbeda dengan pembeli batu akik yang sudah senior, hanya dengan memegang dan melihatnya saja sudah langsung tahu mana yang asli dan mana yang imitasinya.
 
Sedikit Tips buat agan para pemula sebelum membeli Batu akik harus bersabar dalam memilih batu akik, jika tidak agan aka cepat tertipu. Langkah awal, agan harus mengerti tentang batu yang akan dibeli atau agan inginkan, contohnya Batu Bacan. Sebelum agan mebeli batu bacan, agan terlebih dahulu cari tahu tentang batu bacan, tentang harga, warna dan kualitas. Jangan langsung datang, lihat dan lalu ditipu. Kan gampang saja agan bisa cari tahu informasi mengenai batu akik di internet atau baca postingan sebelumnya gan klik disini.

Terima Kasih atas kunjungannya, Semoga Bermanfaat gan XDD