Mana yang Lebih Bagus, Layar Berteknologi IPS LCD, AMOLED dan TFT ???

Takkalasi.com - Mana yang Lebih Bagus, Layar Berteknologi IPS LCD, AMOLED dan TFT ??? Mungkin diantara agan-agan sering menemui Jenis-jenis Layar dalam smartphone atau tablet terbaru saat ini seperti IPS LCD, AMOLED, juga TFT. Semakin canggih perangkat komunikasi berbasis smartphone dan juga tablet, maka semakin canggih pula jenis layar yang diusung oleh perangkat tersebut. 
 
Nah kali ini saya akan berbagi informasi mengenai perbedaan dari Jenis-jenis Layar tersebut agar kiranya agan-agan sekalian tidak keliru dalam mengenali layar smartphone yang agan gunakan :D



IPS LCD, Jenis Layar ini banyak kita jumpai pada smartphone kelas menengah keatas, namun sebelumnya perlu agan ketahui tentang apa itu jenis layar IPS LCD. IPS (In Plane Swtiching) merupakan suatu panel teknologi LCD yang mampu menampilkan banyak perbedaan ketika dipandang mata secara normal. Layar dengan teknologi IPS ini menawarkan hasil gambar yang sangat bagus dan cocok untuk fotografi.
 
Namun Layar Jenis IPS LCD memiliki kelemahan yaitu konsumsi daya yang tergolong besar dan juga kecerahannya tidak bisa tampil sempurna.
 
Layar AMOLED, apa itu layar AMOLED ? AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) adalah jenis layar yang menggunakan teknologi OLED (Organic Light Emitting Diode). Sedang OLED sendiri merupakan sebuah benda padat yang memiliki film yang sangat tipis yang  mengandung molekul organik dan mampu menghasilkan cahaya apabila mendapat aliran listrik.

Tekhnologi OLED ini memiliki ketajaman layar yang tergolong tinggi namun memiliki daya yang tergolong rendah. Dengan AMOLED merupakan wujud transformasi dari OLED biasa yang mampu merubah setiap pixel secara langsung dan sangat efisien. Disamping itu layar dengan tekhnologi AMOLED juga memiliki kelebihan dan juga kelemahan, diantaranya :
 
Kelebihan Layar AMOLED :
  • Memiliki kecerahan yang sangat tinggi
  • Mampu menghemat daya hingga 40%
  • Teknologi AMOLED memiliki pengaturan warna RGB, sehingga hasil video serta foto tampak begitu stabil
  • Masih tetap terlihat jernih, meski digunakan saat berada dibawah sinar matahari langsung
Kebanyakan dari smartphone keluaran baru menggunakan Layar jenis ini
 
Adapun Kelemahan Layar AMOLED yaitu memiliki harga yang tergolong tinggi karena merupakan Layar Jenis baru yang juga menggunakan tekhnologi baru.
 
 
 
Layar TFT
TFT merupakan kepanjangan dari Thin Film Transistor yang merupakan jenis layar yang menggunakan tekhnologi LCD. Layar dengan menggunakan jenis layar TFT ini mampu memberikan resolusi yang cukup baik dan juga mampu menampilkan gambar yang mengusung berjuta warna. Layar dengan jenis TFT ini tergolong mahal dan juga mampu menyedot daya yang sangat besar.

Kelebihan dan kekurangan dari Layar yang mengusung tekhnologi TFT yaitu memiliki tampilan layar yang tergolong tajam dan juga jenih serta mempu menerima respon sentuhan yang sangat cepat. Sedang kekurangannya adalah boros baterai karena mampu menyedot daya yang sangat besar.
 

Demikian informasi mengenai layar smartphone atau tablet, semoga bisa menjadi referensi buat agan-agan sekalian sebelum memilih smartphone yang canggih untuk digunakan, dan semoga Bermanfaat XDD.