Ini Dia Surga Kopi di Indonesia yang Terkenal di Dunia

Takkalasi.com - Ini Dia Surga Kopi di Indonesia yang Terkenal di Dunia | Buat agan dan aganwati penikmat kopi ini dia informasi tentang ragam kopi Indonesia yang digemari dan terkenal di Dunia.

Tahu gak gan!, ternyata banyak juga kopi-kopi ternama di Dunia yang bahan baku dan proses produksinya berasal dari Indonesia. Bagi agan pecinta kopi sejati pasti mengenal betul kopi Indonesia apa saja yang terkenal sampai ke mancanegara.

Baca Juga !!
- Kata-kata Bijak Bahasa Bugis / Papparingngerrang
- Cara Membuat Oralit dengan Mudah untuk Mengobati Diare
- Cara Mudah Mengupas Telur
- Cara Beli Pulsa dengan Bitcoin

Tak hanya menanam dan mengolah saja, agan dan aganwati bahkan bisa menikmati langsung secangkir kopi di dekat perkebunanya yang indah dan luas.

Ini Dia 10 Surga Kopi di Indonesia yang Terkenal di Dunia :

1. Kopi Arabika Gayo




Sebagaimana kita ketahui, produksi kopi di Aceh memang sudah sangat terkenal, khususnya di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. Konon katanya, daerah tersebut memiliki lahan produksi terbesar se-Asia.

Total luas lahannya lebih dari 95 ribu hektar dengan produksi rata-rata kopi per-tahun mencapai 750 kg. Wah, banyak sekali ya. Pantas saja kopi arabika gayo ini tersohor hingga Eropa dan Amerika.

2. Robusta Sidikalang

Sidikalang merupakan Ibukota Kabupaten Dairi yang terletak di barat laut Sumatera Utara. Sudah banyak orang tahu bahwa Sidikalang termasuk tempat terbaik bagi tanaman kopi. Lokasi ini berada pada tanah yang subur di ketinggian 1.066 mdpl.

Sidikalang bahkan bisa menghasilkan kopi-kopi yang menyaingi kopi terbaik asal Brazil. Kopi robusta inilah ikon kebanggaan Sidikalang.

Buatmu yang ingin mencicip kopi robusta sidikalang, hati-hati ya. Kalau tidak terbiasa, jantungmu bisa berdebar-debar dan sulit tidur semalaman.

3. Desa Karangrejo, Lereng Gunung Tanggamus, Lampung


Wow! Ternyata ekspor kopi terbesar di Indonesia berasal dari Lampung lho. Daerah Lampung memang termasuk jajaran penghasil kopi terbaik di Indonesia. Lahan perkebunan kopi di Kabupaten Lampung Barat sudah mencapai lebih dari 59 hektar. Hebat!

Sebagian besar lahan tersebut merupakan perkebunan rakyat pusatnya ada di wilayah Lampung Tengah, Lampung Barat, dan Tanggamus. Salah satu lokasi kebun kopi yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi yaitu terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Ulubelu, masih di sekitar kawasan Gunung Tanggamus.


4. Kopi Garut, Jawa Barat

Ternyata Jawa Barat punya sejarah tersendiri soal kopi. Kolonial Belanda pernah mengeksploitasi daerah ini selama dua abad lho. Daerah tersebut berada di wilayah Priangan.

Karena pengaruh belanda, maka nama kopinya juga berbau asing, yaitu Java Preanger. Nama ini sebetulnya berasal dari dua kata: Java (Jawa) dan Preanger (Priangan).

Kopi Priangan ini kopi asli Jawa Barat yang dihasilkan oleh perkebunan-perkebunan kopi lokal di Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Garut, Sumedang, dan sekitarnya. Keren!


5. Kampung Kopi Banaran Ambarawa

Selain di Jawa Barat, ada juga daerah penghasil biji kopi yang tak kalah lezat di Jawa Tengah, yaitu di daerah Ambarawa. Namanya Kampung Kopi Banaran yang juga merupakan kawasan agrowisata dengan pengelolaan yang baik sekali.

Di sini juga ada penginapan lho. Kamu tidak hanya bisa menikmati kopinya saja, tapi juga berlibur menikmati udara segar di sini.


6. Kebun Kopi di Kalisat Bondowoso

Jika Jawa Barat dan jawa Tengah sudah, maka sekarang saatnya Jawa Timur menunjukkan kebolehannya juga. Ada sebuah perkebunan kopi yang lokasinya tak jauh dari Kawah Ijen. Perkebunan kopi itu ada di daerah Kalisat, Bondowoso. Berbeda dengan kebun-kebun kopi di Aceh dan Sumatera yang dikelola perorangan, rata-rata perkebunan kopi di Jawa dikelola oleh negara atau Perhutani.

7. Bangli, Kintamani

Tak hanya wisata pantainya saja yang terkenal di Bali. Ada juga salah satu kawasan di Kintamani yang terkenal menghasilkan bubuk kopi Bali dan kopi Luwak terbaik.

Wilayah ini terletak di Bangli, Kintamani, dan biasa diserbu wisatawan lokal maupun mancanegara yang penasaran dengan proses memanen kopi serta pengolahannya.

Di sini, yang terkenal adalah proses pengolahan kopinya. Proses roasting dengan tungku api dan kayu bakar ini sudah sangat langka. Sekarang sudah zamannya menggunakan teknologi industri atau mesin.

Di Bangli, kamu tak hanya melihat kopi dikonsumsi sebagai minuman saja. Bubuk kopi juga digunakan sebagai bahan kosmetik dan aromatherapy.


8. Arabika Bajawa

Kopi yang satu ini, namanya sudah terkenal di luar negeri. AFB (Arabica From Bajawa) berasal dari wilayah dataran tinggi Ngada di Pulau Flores.

Masyarakat Ngada sering disebut sebagai orang Bajawa. Mereka sudah membudidayakan kopi secara turun-temurun. Orang-orang Bajawa menanam kopi Arabika di bawah pohon penaung

Pohon tersebut juga berfungsi sebagai sumber pupuk organik. Selama penanaman kopi bajawa, para petaninya tidak menggunakan pestisida sama sekali. Pantas saja rasanya enak sekali ya.


9. Agrowisata Kopi di Toraja

Sekarang waktunya kita jalan-jalan ke pulau Sulawesi. Di sini ada juga wilayah penghasil kopi terbaik. Namanya kopi Toraja. Pemerintah sangat antusias membangun ikon kopi toraja agar semakin menarik minat wisatawan.

Bahkan para pecinta kopi asal Jepang sudah membuat paket tur perjalanan ke kebun-kebun kopi di Toraja, sejak tahun 2005. Wah, ayo kita atur jadwal untuk mengunjungi Toraja!


10. Kopi Wamena, Lembah Baliem

Jangan salah. Papua tak hanya punya keindahan alam yang asri dan menawan. Potensi alamnya juga tak kalah hebat dibandingkan dengan pulau lain di Indonesia. Papua punya Lembah Baliem di Wamena yang merupakan salah satu wilayah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Kopi Wamena punya rasa yang kuat namun tak terlalu pahit. Kalau ada kesempatan ke Wamena, cobalah kopi asli Lembah Baliem.

Nah, itu tadi beberapa ragam kopi Indonesia yang terkenal di Mancanegara
Terima Kasih atas kunjungannya, dan sampai ketemu pada postingan berikutnya